HUBUNGAN ANTARA SIKAP DAN TINGKAT PENGETAHUAN SEPUTAR KLINIK WISATA PADA WISATAWAN DOMESTIK MAUPUN MANCANEGARA TERHADAP PEMANFAATAN KLINIK WISATA DI KAWASAN WISATA PANTAI KUTA, BALI

Main Article Content

I Putu Yuda Prabawa

Abstract

Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap dan tingkat pengetahuan seputar klinik wisata pada wisatawan domestic maupun mancanegara terhadap pemanfaatan klinik wisata yang terdapat di kawasan wisata pantai Kuta, Bali. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik dengan desain Cross-sectional.


 


Metode: Pengambilan sampel menggunakan metode Consecutive sampling di kawasan wisata Pantai Kuta. Variabel yang dinilai meliputi data deskriptif dan analitik dengan Chi-square dan Pearson correlation.


 


Hasil: Hasil penelitian diperoleh bahwa wisatawan Jakarta (24%) dan Australia (22%) terbanyak. Usia 26-45 tahun serta tujuan berlibur dominan pada domestik (40%;62%) maupun mancanegara (46%;80%).


 


Pembahasan: Informasi diperoleh dari teman/keluarga, mengunjungi Pantai Kuta lebih dari sekali, tidak mengetahui dan tidak pernah mengunjungi klinik wisata dominan pada domestik (30%, 76%, 76%, 94%) dan mancanegara (56%, 68%, 62%, 94%). Keindahan pantainya alasan utama pada domestik (48%) dan berselancar pada mancanegara (28%). Sebagian besar wisatawan memiliki kemauan memanfaatkan klinik wisata serta mempunyai sikap dan tingkat pengetahuan yang baik: domestik (64%, 58%, 64%) dan mancanegara (66%, 62%, 62%).


 


Kesimpulan: Terdapat hubungan serta korelasi positif kuat antara sikap dan tingkat pengetahuan (P=0,000) seputar klinik wisata terhadap pemanfaatan klinik wisata pada domestik (r=0,570; r=0,557) dan mancanegara (r=0,589; r=0,662) yang terdapat di kawasan Pantai Kuta, Bali.

Article Details

How to Cite
Prabawa, I. P. (2020). HUBUNGAN ANTARA SIKAP DAN TINGKAT PENGETAHUAN SEPUTAR KLINIK WISATA PADA WISATAWAN DOMESTIK MAUPUN MANCANEGARA TERHADAP PEMANFAATAN KLINIK WISATA DI KAWASAN WISATA PANTAI KUTA, BALI. JIMKI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia, 2(2), 36-48. Retrieved from https://bapin-ismki.e-journal.id/jimki/article/view/25
Section
Research Article