KARTOGENIN BERBASIS NANOCRYSTALS-POLYMER PARTICLES (KGN-NPP): INOVASI STEM-CELL BASED THERAPY TERBARU SEBAGAI TERAPI OSTEOARTHRITIS MELALUI INISIASI PROSES KONDROGENESIS DAN KONDROPROTEKTIF

Main Article Content

Glenardi .
Ghea Mangkuliguna

Abstract

Pendahuluan: Osteoarthritis merupakan penyakit degeneratif sendi paling umum terjadi dan telah menyerang lebih jutaan orang di seluruh dunia. Walaupun angka prevalensi dan mortalitas dari penyakit ini terus meningkat setiap tahunnya, tetapi sampai saat ini belum ada terapi yang mampu menghambat atau bahkan menghentikan perjalanan penyakit dari osteoarthritis. Baru-baru ini, sebuah molekul kecil bernama kartogenin (KGN) telah dilaporkan mampu melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas dari kartilago sendi dan tulang subkondral pada hewan yang menderita osteoarthritis. Selanjutnya, untuk dapat menghantarkan molekul tersebut secara efektif dan efisien para penelitian kemudian juga menggembangkan sebuah sistem penghantaran obat yang baru bernama nanocrystal- polymer particles (NPP). Penghantaran KGN dengan NPP telah dilaporkan tidak hanya mampu meningkatkan efektifitas dari molekul tersebut, tetapi juga menurunkan kemungkinan efek samping yang timbul dari terapi tersebut.


Pembahasan: Studi literatur ini menunjukkan bahwa KGN-NPP terbukti mampu menginduksi diferensiasi mesenchymal stem cells (MSCs) menjadi kondrosit yang ditandai dengan meningkatnya ekspresi dari kolagen tipe 2 (Col2) dan Aggrecan hingga 5.5 kali lipat. Selain itu, kerusakan pada kartilago sendi juga telah terbukti dapat dicegah hingga 100% pada studi in vivo dengan ditemukannya skor OARSI yang mendekati angka nol. Bukan hanya itu saja, KGN-NPP juga telah terbukti mampu meningkatkan volume dari tulang subkondral. Hal tersebut merupakan bukti bahwa KGN-NPP tidak hanya mampu bertindak sebagai kondroprotektif, tetapi juga mampu meregenerasi kerusakan yang telah terjadi sebelumnya.


Kesimpulan: Dengan segala keunggulan yang dimiliki, dapat disimpulkan bahwa KGN-NPP memiliki potensi yang menjanjikan untuk menjadi terapi yang efektif bagi semua penderita osteoarthritis di seluruh dunia.


Kata Kunci: kartogenin, nanocrystals-polymer particle, osteoarthritis

Article Details

How to Cite
., G., & Mangkuliguna, G. (2021). KARTOGENIN BERBASIS NANOCRYSTALS-POLYMER PARTICLES (KGN-NPP): INOVASI STEM-CELL BASED THERAPY TERBARU SEBAGAI TERAPI OSTEOARTHRITIS MELALUI INISIASI PROSES KONDROGENESIS DAN KONDROPROTEKTIF. JIMKI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia, 7(1), 1-11. https://doi.org/10.53366/jimki.v7i1.399
Section
Article Review