PEMILIHAN TATA LAKSANA PNEUMONIA PADA KEHAMILAN

Main Article Content

Franciska Dea Chika Putri
Nindya Augesti

Abstract

Pendahuluan: Pneumonia pada masyarakat adalah penyakit umum di seluruh dunia. Community acquired pneumonia (CAP) diakui sebagai masalah umum yang membawa morbiditas dan mortalitas yang substansial. Di Amerika Serikat, pneumonia dengan komplikasi angkanya 0,5 hingga 1,5 per 1.000 kehamilan. Adaptasi secara fisiologis dalam sistem pernapasan dan imunologi dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi paru serta mengubah perjalanan klinisnya. Semua bakteri, virus, dan jamur menyebabkan pneumonia pada kehamilan, meskipun agen penyebabnya diidentifikasi hanya pada 40- 60% kasus. Patogen tunggal yang paling umum adalah Streptococcus pneumoniae, yang diidentifikasi pada 15-20% kasus pneumonia yang didapat masyarakat pada kehamilan. Beban penyakit jatuh terutama pada orang-orang pada usia ekstrem dan terjadinya CAP pada dewasa muda jarang terjadi. Namun demikian, pneumonia pada orang dewasa muda bisa parah dan fatal. Pada pasien hamil, pneumonia adalah penyebab infeksi paling umum yang fatal pada penyakit non-obstetri. Kekhawatiran bahwa pneumonia yang terjadi pada pasien hamil mungkin lebih sering, menunjukkan fitur atipikal, atau lebih sulit untuk mengobati daripada pada pasien yang tidak hamil. Yang mendasari kekhawatiran ini adalah perubahan fisiologis dan imunologis yang diakui yang terjadi selama kehamilan yang dapat mengganggu kemampuan ibu untuk merespons infeksi. Ditambah dengan kekhawatiran untuk kesehatan janin.


Pembahasan: Antibiotik beta-laktam dan makrolida dianggap aman dalam kehamilan dan efektif untuk sebagian besar CAP pada kehamilan. Infeksi saluran pernapasan akibat virus, termasuk varisela, influenza, dan sindrom pernapasan akut dapat dikaitkan dengan pneumonia ibu.


Kesimpulan: Terapi antivirus dan pernapasan saat ini dapat mengurangi morbiditas dan mortalitas ibu dari pneumonia virus. Vaksinasi influenza dapat mengurangi prevalensi rawat inap pernapasan pada wanita hamil selama musim influenza.


Kata Kunci: Antibiotik, antifungal, antiviral, kehamilan, pneumonia .

Article Details

How to Cite
Putri, F., & Augesti, N. (2021). PEMILIHAN TATA LAKSANA PNEUMONIA PADA KEHAMILAN. JIMKI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia, 7(1), 1-12. https://doi.org/10.53366/jimki.v7i1.401
Section
Article Review