Penatalaksanaan Diare dan Dispepsia Pada Pasien dengan Infeksi

Main Article Content

Dimas Priantono
Retnani Budiastuti
Numajmia C Proklamartina
Devi Felicia
Andra Herdiarto
Dwi Diandini
Yulius L Haryadi
Eka O. Budiningtyas

Abstract

Diare dan dispepsia merupakan sebagaian dari manifestasi klinis yang dikeluhkan oleh pasien dengan gangguan gastrointestinal, baik yang disebabkan oleh faktor lokal maupun sistemik. Keduanya memerlukan pendekatan klinis yang cermat, melalui anamnesis, pemeriksaan fisis, hingga pemeriksaan penunjang yang tepat agar diagnosis dapat ditegakkan secara benar. Keluhan pada sistem gastrointestinal tidak jarang disampaikan oleh pasien secara berbeda, bergantung dari latar belakang sosial, budaya dan pendidikan pasien. 


Diare merupakan keluhan yang banyak ditemui di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Di Indonesia, frekuensi kejadian diare cukup tinggi, yaitu 2-3 kali lebih banyak dibandingkan negara - negara maju. Umumnya kematian pada penderita diare terjadi pada anak - anak dan lanjut usia, dimana kesehatan pada pasien usia tersebut rentan terhadap dehidrasi sedang-berat.

Article Details

How to Cite
Priantono, D., Budiastuti, R., Proklamartina, N., Felicia, D., Herdiarto, A., Diandini, D., Haryadi, Y., & Budiningtyas, E. (2020). Penatalaksanaan Diare dan Dispepsia Pada Pasien dengan Infeksi. JIMKI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia, 1(1), 42-50. Retrieved from https://bapin-ismki.e-journal.id/jimki/article/view/7
Section
Case Report